Header

Filsafat Ilmu Pengetahuan #3

Pertemuan kuliah ke-3 ini, Prof. Kuspriyanto (K) menekankan tema “inovasi”. Tapi sebelum itu diadakan kuis dengan materi dari buku referensi. Soal dibuat oleh tiga orang mahasiswa yang pekan lalu tidak masuk kuliah, mungkin sebagai “hukuman” seperti yang pernah ditanyakan pekan lalu. Soal keempat dari pak Prof, yaitu kami diminta menilai masing-masing soal yang diberikan tadi.

Masuk ke materi kuliah tentang inovasi, Prof. K. meminta contoh inovasi di bidang pendidikan. Mahasiswa yang menyampaikan inovasi tersebut diminta membuat suatu istilah yang menjelaskan usulannya tadi. Istilah itu penting karena menunjukkan bahwa ada konsep. Lalu dibahas tentang istilah dan makna yang terkandung di dalamnya. Dari berbagai usulan konsep tentang inovasi di bidang pendidikan, termasuk istilah-istilah yang digunakan, salah seorang mahasiswa diminta memutuskan, konsep/istilah inovasi mana yang terbaik. Dari istilah dan metode yang mungkin mengikuti istilah tersebut, kita harus dapat mengukur efektivitasnya.

Walaupun tampaknya brainstorming tentang inovasi pendidikan ini tampak belum akan berakhir, Prof. K menegaskan bahwa brainstorming harus ada batasnya, sehingga harus segera diambil keputusan. Prof. K sendiri mengusulkan collaborative learning sebagai salah satu inovasi yang bisa diterapkan dalam dunia pendidikan. Collaborative learning adalah belajar dengan bekerja sama antar pelajar/guru untuk memahami suatu materi. Untuk menunjukkan contohnya, Prof. K meminta salah seorang mahasiswa untuk menilai jawaban kuis tadi. Diminta agar dibuat skala yang besar dalam menilai sehingga rentang nilainya cukup lebar.

Setelah itu, mahasiswa dipersilakan mendengarkan presentasi sebagai latihan sidang terbuka doktor oleh salah seorang mahasiswa bimbingan Prof. K yaitu Ibu Marisa Paryasto.

Tips-tips presentasi dari Prof. K menanggapi presentasi mahasiswa di atas:

  • apa ¬†yang akan diucapkan dibuat narasinya seperti halnya pembaca berita sehingga penyampaian tidak melebar kemana-mana
  • lakukan latihan presentasi, sebaiknya direkam dan dievaluasi baik dari segi waktu, penampilan, cara berbicara dan lain-lain
  • jangan tampil sebagai pengajar (yang ingin agar audiens-nya mengerti apa yang disampaikan), tapi tampillah sebagai peneliti, yang penting persoalan dan perjalanan penelitian kita dapat tersampaikan dengan baik
  • jangan berbicara secara kolegial (ala teman), harus formal dan tidak terlalu emosional
  • cerita pengantar jangan terlalu panjang, intinya saja yang diperpanjang, biasanya di bagian akhir

Sidang terbuka atau sidang promosi merupakan acara untuk mempromosikan hasil penelitian/temuannya; silakan dipakai atau dikembangkan oleh peneliti lain..

Resiko dalam memilih topik penelitian yang banyak diteliti orang adalah kecilnya celah untuk mendapatkan novelty, tapi literatur cukup banyak. Sedangkan ketika memilih topik yang sedikit peminatnya, kita sering tidak dipercaya, latar belakangnya akan lebih digali, dan keabsahan premis dipertanyakan.

Kesalahan lain mahasiswa dalam memilih topik adalah topiknya terlalu advanced sehingga mahasiswa terbawa advanced, tapi tidak bisa lebih unggul daripada yang lebih dulu.

Ukuran kerja mahasiswa S3 adalah 5.000 jam. Sebenarnya 10.000 jam, tapi menurut Prof. K yang 5.000 jam dianggap sudah ditempuh melalui pendidikan jenjang-jenjang sebelumnya. Kalau saya hitung rata-rata, maka jika ingin lulus tepat waktu atau lima tahun, minimal setiap pekan harus mendedikasikan waktu sebanyak 20 jam mengerjakan studi, sedangkan jika ingin lulus tiga tahun butuh waktu 32 jam/pekan. Itu semua jika tidak ada waktu libur.

Tahun pertama studi S3 merupakan tahapan kualifikasi. Pada akhir tahapan ini kita harus mempresentasikan kelayakan topik untuk level S3 dan kemungkinan bisa diselesaikan. Pada presentasi ini tidak perlu mengajari penguji, kebanyakan pengujilah yang akan mengajari mahasiswa.

 

This entry was posted in Filsafat Ilmu Pengetahuan, S3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>