Header

Pengetahuan Ilmiah

Berdasarkan sistematika yang bertolak dari pertanyaan tokoh filsafat Immanuel Kant, Filsafat Ilmu Pengetahuan (FIP) dikelompokkan dalam wilayah filsafat pengetahuan, bersama dengan epistemologi, metodologi, dan logika. FIP mengkaji ilmu pengetahuan dari segi ciri-ciri dan cara pemerolehannya. Epistemologis berurusan dengan pengetahuan dalam arti luas termasuk pengetahuan sehari-hari, sedangkan FIP berurusan dengan pengetahuan ilmiah atau sains, yang berbeda dari pengetahuan sehari-hari. Pengetahuan ilmiah memerlukan metodologi dan cara kerja yang ketat untuk memperolehnya.

Sejalan dengan hal di atas, menurut van Melsen, ciri-ciri Ilmu Pengetahuan antara lain metodis: ada langkah-langkah yang ketat dan sistematis, tanpa pamrih: melepaskan diri dari praandaian-praandaian, universalitas: keberlakuan pada seluruh ruang dan waktu, objektivitas: dibimbing oleh objek penelitian dan tidak terdistorsi oleh prasangka-prasangka subjektif, intersubjektivitas: kebenaran ilmu pengetahuan tidak bersifat pribadi melainkan harus disepakati oleh suatu komunitas illmiah.

Berkenaan dengan pengetahuan ilmiah yang berada dalam kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan, salah satu tugas mata kuliah Filsafat Ilmu Pengetahuan adalah mempelajari contoh-contoh pengetahuan ilmiah yang sudah dipublikasikan di sarana publikasi komunitas ilmiah seperti perpustakaan digital, journal, atau proceeding. Contoh-contoh publikasi ilmiah tersebut, saya dapatkan melalui Internet, yaitu sebagai berikut:

  1. Disertasi doktor ITB: Bagian I, Bagian II, Bagian III (sumber: http://digilib.itb.ac.id)
  2. Paper dari IEEE Journal (sumber: http://ieeexplore.ieee.org diakses dari ITB)
  3. Paper dari COMSOL Proceeding (sumber: www.comsol.com)

 

Sumber:

  • Gahrial Madian, Donny, “Menyoal Objektivisme Pengetahuan”, Penerbit Teraju, Jakarta, 2002
  • http://digilib.itb.ac.id diakses tanggal 9 September 2012
  • http://ieeexplore.ieee.org diakses tanggal 9 September 2012
  • http://www.comsol.com diakses tanggal 9 September 2012

 

This entry was posted in Filsafat Ilmu Pengetahuan, S3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>